Viral Foto Makam di Klaten Dicat Warna-Wani, Warga Beri Pengakuan, Ternyata Aksi Spontanitas

Foto yang memperlihatkan sejumlah makam yang dicat warna warni viral di media sosial. Foto menjadi bahan perbincangan setelah diunggah oleh akun Instagram @kabarklaten pada Minggu (21/3/2021). Dalam foto yang dibagikan, makam makam tersebut tampak dicat menggunakan warna kuning, biru, dan merah.

Sadranan / ruwahan ndesomu piye Lur? Bakungan Karangdowo ," tulis akun @kabarklaten. Hingga Senin (22/2/2021) unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 8 ribu kali dan menuai komentar beragam dari warganet.

Serasa taman bermain. Ojo ngasi iki nggo tempat wisata yo slurrrrr. Ngeri. Wes etuk ijin kluargane durung kui?.

Jd ga berasa horor. Uwapik rek. Belakangan diketahui makam unik ini berada di di RT 03 04 RW 02, Dusun Jetis, Desa Bakungan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Makam tersebut dicat warna warni oleh warga sekitar. Keberadaan makam ini kemudian viral di media sosial. Warga setempat, sekaligus inisiator pengecatan makam, David Hermawan (30) mengatakan, ide mengecat makam ini mendadak oleh warga.

Awalnya, saat warga sedang melakukan kerja bakti, ada ide dari warga untuk sekalian dicat seluruhnya makam tersebut. “Awalnya tidak sengaja, cuman pas lagi dicat ada inisiasi dari pak Lur (warga),” ujar David. Mereka melakukan kegiatan mengecat makam ini pada minggu kemarin dalam rangka menyambut Sadranan dan Ruwahan.

David menjelaskan, saat ini kuburan menjadi lebih berwarna dan terlihat bersih. Kesan menyeramkan juga hilang. David mengaku tidak menyangka kalau ide warga mengecat kuburan ini menjadi viral di media sosial.

"Tidak ada niat untuk memviralkan, kami bersih bersih makam karena biasanya warga juga berziarah ke makam untuk memanjatkan doa untuk pendahulunya," jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *