Trik Menarik Agar Identitasmu Tak Bisa Ditemukan Lewat Pencarian Internet, Begini Caranya

Internet saat ini bisa dikatakan sebagai kebutuhan penting baik untuk membantu dalam pekerjaan hingga sebagai sarana hiburan. Terlebih di masa Covid 19 yang memaksa segala kegiatan dibatasi dan beberapa orang jadi beralih ke media online, contohnya belanja via online. Dengan internet kalian juga bisa mendapat hiburan dengan game, platform streaming, hingga sosial media.

Menggunakan aplikasi tersebut memerlukan sebuah data identitas yang dimana bisa ditemukan dengan hanya mencarinya di internet. Beberapa dari kalian mungkin merasa tidak nyaman dengan bisa ditemukannya identitas kalian di internet secara mudah. Sementara Google sebagai aplikasi pencarian yang sering digunakan, mungkin tidak menerima setiap permintaan untuk menghapus tautan yang berkaitan dengan pengguna.

Alasan penolakan Google biasanya mencakup alasan teknis, URL duplikat, informasi yang dianggap sangat untuk kepentingan umum. Alasan lain adalah apakah konten di halaman web berkaitan dengan kehidupan profesional, keyakinan masa lalu, posisi kerja, atau konten yang dibuat sendiri atau tidak. Karena itu kalian bisa mengatur akun Google terlebih dahulu agar data yang kalian miliki terlindungi.

Dengan mengelola akun Google, dapat meningkatkan privasi, mengurangi pengumpulan data, atau menghapus identitas kalian dari ekosistem Google. Pada saat membuka kelola akun Google, akan ada pemeriksaan privasi Google yang memungkinkan pengguna untuk mencegah beberapa hal. Seperti mencegah Google menyimpan penelusuran internet dan aktivitas Google lainnya ke Akun Google, serta mematikan riwayat lokasi kalian.

Kalian juga bisa mengatur Google untuk tidak menyimpan riwayat penelusuran & tontonan YouTube dan rekaman video yang telah ditonton. Termasuk kontak, informasi perangkat, aktivitas suara dan audio termasuk rekaman yang diambil dari interaksi dengan Asisten Google, dan data lainnya. Di bagian ini, kalian juga dapat memilih apakah akan mengizinkan Google menggunakan informasi kalian untuk menyesuaikan iklan selama sesi pencarian internet atau tidak.

Pemeriksaan keamanan Google juga dapat digunakan untuk menunjukkan perangkat mana yang memiliki akses ke akun Anda, termasuk laptop, PC, dan smartphone. Serta di menu ini ada daftar aplikasi pihak ketiga yang telah diberi izin untuk mengakses akun kalian. Untuk kalian yang mungkin tidak mau repot bisa langsung menghapus layanan Google tertentu jika tidak menggunakannya.

Cara selanjutnya ialah identitas yang ada di sosial media. Setiap sosial media pasti terdapat pilihan untuk mengunci akun pengguna menjadi terbatas hanya untuk orang yang mereka kenal saja. Postingan pun juga bisa diubah settingnya menjadi hanya bisa dilihat teman, dan kalian juga bisa melarang pencarian melalui alamat email atau nomor telepon yang kalian berikan.

Facebook memiliki elemen penting yaitu opsi untuk menghapus profil Facebook kalian dari hasil mesin pencari di luar platform jejaring sosial. Di bawah tab lokasi, juga terdapat menu untuk mematikan pengumpulan data lokasi oleh Facebook juga. Twitter dan Instagram kurang lebih juga memiliki pengaturan yang sama yang bisa kalian atur di aplikasi.

(Nextren/Zihan Fajrin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *