Toyota Raize Mobil Kaya Fitur

Industri otomotif Indonesia kembali menyita perhatian publik. Di tengah sulitnya penjualan mobil akibat pandemi covid-19, Toyota dengan inovasi terbarunya menghadirkan SUV sub-empat meter terbarunya yang diberi nama Raize.

Sama seperti bagian depan, fasia belakang Toyota Raize didominasi oleh garis-garis tebal dengan sentuhan plastik hitam pada bemper bawah, yang juga menjadi tempat sensor parkir kanan dan kiri. Desain lampu belakang memanjang, dengan lampu tanda ditempatkan di tengah stop lamp LED di bagian atas dan bawah lampu. Bagian tengahnya mendapat lapisan hitam glossy.

Tak hanya itu, mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih yaitu Adaptive Cruise Control with All Speed ‚Äč‚ÄčTracking, Collision warning function, smart panorama parking assist, lane keep control. Peringatan keberangkatan jalur dan monitor blind-spot.

Mau tahu bagaimana lengkapnya, mulai dari spesifikasi, harga, dan keunggulan ‘compact SUV’ pertama Toyota yang merupakan tiruan dari saudaranya Daihatsu Rocky yang sebelumnya diluncurkan di Tokyo Motor show 2019.

Kemajuan Toyota Raize

Meskipun Raize bukan Toyota pertama yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) turunan berbiaya rendah dari Toyota New Global Architecture modular untuk pasar negara berkembang ini adalah SUV pertama merek yang didukung olehnya. Kata kuncinya di sini adalah ‘pasar negara berkembang’ tetapi lebih lanjut tentang itu nanti.

Ada Mesin Bensin Turbo

Untuk pasar Jepang, Raize ditenagai oleh mesin bensin tiga silinder 1.0 liter turbocharged. Dalam siklus mengemudi WLTC, model 2WD diberi peringkat 18.6kpl sedangkan 4WD diberi peringkat 17,4kpl, berkat sistem start-stop engine standar.

SUV Kaya Fitur

Fitur keselamatan termasuk enam airbag, kontrol traksi, dan kontrol stabilitas listrik, ABS dengan EBD, hill-start assist, fixed lane assist, sistem pemantauan blind-spot, lampu depan otomatis adaptif dengan fungsi lentur statis.

Masuk dan pergi tanpa kunci, tombol tekan start, kontrol iklim otomatis, kursi depan berpemanas, port USB depan dan belakang, empat speaker dan dua tweeter, dan kontrol audio yang dipasang.

Harga

Berbicara tentang harga resmi, terlihat bahwa harga dasar pengenaan PKB (Pajak Kendaraan Baru) di Raize berada pada kisaran Rp. 153,3 juta menjadi Rp. 207,9 juta. Beruntung Toyota Raize mendapat potongan pajak 0% (relaksasi pajak 0% ini merupakan program penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional), sehingga harga yang ditawarkan jauh lebih murah, mulai dari Rp 146 juta hingga Rp 198 juta.

Eksterior dan Interior

Namun, dari tampilan luarnya cukup menawan dan mewah. Memasuki kabin, mobil yang dikembangkan menggunakan platform Toyota New Global Architecture ini dibalut warna hitam. Secara keseluruhan duduk di kursi Raize cukup empuk. Namun, kelembutan ini tidak diterapkan pada dashboard.

Desain AC berbentuk trapesium juga telah disetel dengan model digital, kemudian pengaturan suhu kabin. Untuk menghidupkan mobil ini cukup tekan tombol start-stop mesin. Ya, mobil ini dilengkapi dengan teknologi smart entry.

Di belakang setir Raize cukup ramai, karena setir sudah dilengkapi audio control, voice command, pengoperasian TFT multi-information display pada panel instrumen berukuran 7 inci. Termasuk adanya tombol untuk cruise control dan radio track untuk memutar lagu termasuk volume.

Fitur Toyota Raize 2021

Bahkan fitur ini juga mendukung kemewahan sebuah mobil yang sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Fitur Keamanan Aktif Tingkat Lanjut

Toyota Raize memang disebut sebagai mobil unggulan. Bahkan memiliki fitur keselamatan aktif yang sangat kuat. Hal ini dibuktikan dengan pengaturan pabrik berupa Toyota Safety Sense atau TSS. Karena bisa memanfaatkan beberapa fungsi unggulan di dalamnya. Dalam hal ini, itu adalah sistem pra-tabrakan, monitor blind-spot, dan sebagainya.

Setiap fungsi memiliki tugasnya sendiri yang bekerja dengan sangat baik. Seperti yang paling canggih adalah jalur keberangkatan waspada. Fungsinya untuk memberikan peringatan mengenai mobil yang keluar jalur. Jika sewaktu-waktu pengemudi tidak dapat mengendalikan setir saat bepergian, fitur ini akan otomatis aktif. Bahkan bisa melakukan koreksi arah kemudi dalam situasi tertentu.

Front Departure Alert dan Rear Cross-Traffic Alert

Ya, fungsi dari fitur Front Departure Alert dalam Mobil Raize ini akan sangat berguna jika pengemudi tidak menyadari bahwa mobil di depan sedang bergerak, akibatnya sistem akan memberikan peringatan. Fitur Rear Cross-Traffic Alert ini mampu membantu pengemudi dengan informasi tentang kondisi di sekitar mobil, terutama di bagian belakang.

Blind Spot Monitoring

berfungsi untuk membantu penglihatan pengemudi untuk melihat sisi samping mobil yang tidak dapat dijangkau oleh mata. Dengan fitur ini, akan muncul ikon kuning di kaca spion sebagai tanda bahwa ada objek lain, baik sepeda motor, maupun mobil. Demikian artikel tentang mobil kaya fitur toyota raize semoga dengan informasi ini Anda dapat lebih mengetahui tentang manfaat dari fitur mobil raize.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *