Jenis Pinjaman UKM Terpercaya yang Bisa Anda Coba

UKM atau yang biasa dikenal dengan Usaha Kecil Menengah di Indonesia telah terbukti mampu menyerap tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan, UKM juga turut membantu Indonesia pada masa krisis yang dialami beberapa tahun lalu.

Kini, kita juga bisa melihat berbagai jenis modal yang dikhususkan untuk membantu usaha kecil menengah.  Bentuk modal itu bermacam-macam. Untuk yang terakhir, ada banyak jenis pinjaman pinjaman UKM. Berikut adalah jenis Pinjaman UKM terpercaya yang bisa Anda coba:

Pinjaman Berdasarkan Kegunaan

Pinjaman Modal Kerja

Pinjaman modal kerja merupakan pinjaman yang dapat digunakan sebagai modal awal dalam suatu usaha. Biasanya pinjaman ini berjangka waktu satu tahun dan bisa diperpanjang. Beberapa bank juga memiliki banyak produk yang dapat mengembangkan bisnis UKM ini.

Pinjaman Investasi

Pinjaman ini merupakan Pinjaman UKM yang merupakan investasi dan digunakan ketika debitur ingin menggunakan pinjaman untuk mengembangkan usaha yang sudah ada. Pinjaman investasi ini diberikan kepada mereka yang memiliki usaha minimal lebih dari 1 tahun. Sebab, dalam pinjaman investasi ini, pelaku usaha memiliki jangka waktu maksimal hingga 5 tahun dan dana yang diajukan juga fleksibel.

Pinjaman Berdasarkan Jaminan

Pinjaman Dengan Jaminan

Pinjaman yang satu ini merupakan pinjaman yang memiliki syarat adanya jaminan atau jaminan berupa aset seperti rumah, tanah, kendaraan dan lain-lain. Pinjaman ini memiliki pembayaran bunga yang cukup rendah dibandingkan dengan yang lain, juga memiliki jangka waktu yang lebih panjang dan nominal besar. Namun selain itu kekurangan dengan pinjaman ini adalah proses pencairannya memakan waktu yang lama, karena biasanya pihak bank melakukan survey dan lain sebagainya.

Yang agak sulit dengan pinjaman ini adalah jaminan untuk mendapatkan pinjaman. Dalam hal ini biasanya bank membutuhkan jaminan tentunya untuk memastikan bahwa seorang Debitur dapat melunasi sesuai dengan kesepakatan beserta jaminan yang telah dijaminkannya.

Pinjaman Tanpa Agunan

Pinjaman tanpa agunan atau yang biasa Anda kenal dengan KTA memiliki pinjaman tanpa menggunakan agunan, artinya saat mengajukan pinjaman tidak perlu menggunakan agunan. Namun, jangan berpikir bahwa mereka tidak dapat menyita aset Anda meskipun Anda tidak menjaminnya. Pihak bank tetap dapat melakukan proses hukum jika Anda terbukti tidak melunasi pinjaman Anda.

Pinjaman ini dapat digunakan jika memiliki masalah dengan dana, sangat disarankan untuk mengajukan KTA jika Anda tidak membutuhkan modal yang tidak begitu besar karena biasanya bunga dari KTA ini cukup tinggi. Hanya saja proses pencairannya hanya memakan waktu yang singkat. Selain suku bunga yang relatif tinggi, kelemahan lainnya adalah nominal pinjaman jangka pendek yang tidak banyak.

Pinjaman Online Peer to Peer Lending

Cara lain untuk mendapatkan pinjaman UKM adalah dengan mengajukan pinjaman ke situs peer to peer lending atau P2P. P2P juga menjadi solusi alternatif bagi Anda yang sedang mencari pinjaman online terpercaya. Konsep perusahaan Peer to Peer Lending adalah mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman atau investor bisnis. Nantinya, rentenir akan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman.

Umumnya plafon maksimal peminjam modal mencapai Rp. 200 juta. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih perusahaan P2P sebagai tempat meminjam uang. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan perusahaan P2P terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Pinjaman Multiguna

Pinjaman jenis ini adalah salah satu produk bank. Peminjam dapat mengajukan pinjaman disertai jaminan. Jaminan yang diberikan kepada bank menentukan seberapa besar dana tunai yang dipinjamkan. Semakin tinggi nilai barang yang dijaminkan maka semakin besar modal yang bisa Anda dapatkan. Bank dapat memberikan pinjaman modal hingga Rp5 miliar dengan tenor lebih dari 10 tahun.

Namun kekurangan dari jenis pinjaman uang ini adalah bunga yang ditawarkan cukup tinggi karena menyesuaikan dengan kondisi pasar. Jika kondisi pasar cukup baik, suku bunga bisa di bawah 10%. Namun, jika kondisi pasar tidak mendukung, suku bunga bisa mencapai 15%.

 

Itulah ulasan tentang jenis Pinjaman UKM terpercaya yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.