HASIL Liga Italia: Mantan Gelandang Barcelona Jadi Penyebab Kekalahan Juventus, Pirlo Beri Pembelaan

Hasil Liga Italia pekan 28 berakhir suram bagi Arthur Melo yang melakukan blunder dan berujung kekalahan bagi Juventus. Nama Arthur Melo mencuat dalam kekalahan Juventus atas Benevento dengan skor 1 0, pada Minggu (21/3/2021). Berlangsung di Allianz Stadium, gawang Juventus kebobolan pada menit 69 lewat lesakan Adolfo Gaich.

Gaich menjadi pencipta gol satu satunya dengan memanfaatkan blunder yang dilakukan Arhur. Arthur berniat melepaskan umpan diagonal ke bek Juventus namun bisa dipatahkan oleh Gaich yang mengontrol bola sebentar. Setelah mengontrol bola, pemain asal Argentina tersebut langsung menceploskan ke gawang Juventus.

Blunder fatal yang dilakukan mantan gelandang Barcelona ini mendapat pembelaan dari Andrea Pirlo. Menurutnya Arthur tidak melihat keberadaan Gaich yang tiba tiba muncul dengan cepat dan berhasil merebut bola umpan tersebut. “Kesalahannya tidak seperti dia, saya tidak berpikir dia melihat lawan karena sempat dijaga Bonucci.

"Dia seharusnya memberikannya kembali ke penjaga gawang, karena umpan mendatar selalu memiliki unsur bahaya," kata Andrea Pirlo dikutip dari laman Football Italia. Pelatih berusia 41 tahun ini memberikan pandangannya terhadap permainan buruk yang ditunjukan Juventus. Ia pun menegaskan bahwa untuk meraih kemenangan tidak dengan permainan buruk yang ditunjukan oleh skuadnya saat menghadapi Benevento.

Sang lawan dinilai bermain disiplin dan terorganisir dalam bertahan hingga menyebabkan frustasi lini serang klub berjuluk Si Nyonya Tua. “Tidak ada tekanan, hanya harapan untuk melakukan lebih baik dari ini. Sebaliknya, itu adalah hari yang buruk dalam segala hal, dengan sikap kami, kesalahan teknis, semuanya. "Ketika Anda bermain seperti ini, Anda bisa kalah. Kami sangat ingin memenangkan pertandingan, tetapi juga tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit.

"Benevento terorganisir dengan baik dengan dua garis ketat, jadi kami harus tenang dan menyebarkannya. “Sebaliknya, kami membuat banyak kesalahan dan sayangnya tidak bisa mendapatkan hasil yang kami inginkan," terang Pirlo. Kekalahan ini membuat Juventus tak beranjak di klasemen Liga Italia 2020 2021.

Juventus masih tertahan di peringkat ketiga klasemen Serie A dengan 55 poin. Pasukan Andrea Pirlo masih berada di bawah Inter Milan (55 poin) dan AC Milan (56). Juventus yang bertindak sebagai tuan rumah langsung tancap gas melakukan serangan sejak laga dimulai.

Adrien Rabiot mengawali serangan Juventus dengan usahannya mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Sayangnya usaha Rabiot masih bisa digagalkan para pemain bertahan tim tamu Benevento. Kesempatan membuka papan skor didapatkan mega bintang Juventus, Cristiano Ronaldo pada menit keempat.

Cristiano Ronaldo mencoba melewati beberapa pemain lawan dan mengakhirinya dengan tembakan spekulasi. Bola hasil tembakan Ronaldo hanya melebar ke tiang kiri gawang Benevento yang dikawal oleh Montipo. Kartu kuning pada pertandingan ini akhirnya keluar di menit kesembilan untuk pemain Benevento, Rosario Abisso.

Memasuki menit 12, tuan rumah yang dijuluki Si Nyonya Tua masih menguasai pertandingan dengan intensitas serangan tinggi. Benevento mencoba menyerang dengan kesempatan tembakan yang didapatkan oleh Gianluca Ladapula di menit 14. Tembakan Ladapula pada menit 14 erlihat masih melenceng tinggi dari gawang Si Nyonya Tua.

Tiga menit berselang, Arthur coba melakukan serangan dengan melepaskan umpan ke dalam pertahanan tim tamu. Sayangnya umpan tersebut tidak ada pemain Si Nyonya Tua yang dapat menjangkaunya. Bek sayap tuan rumah, Federico Bernadeschi menjadi pemain keedua di pertandingan yang diganjar kartu kuning oleh wasit.

Menit 23, overlap Danilo hampir membuahkan gol dengan kesempatan tembakan dari bola rebound. Sayngnya tembakan mantan bek Real Madrid tersebut berhasil diblokir pemain bertahan Benevento. Kali ini giliran Alvaro Morata di menit 33 dengan tembakan dari batas kotak penalti yang nampak mengincar sudut kanan.

Bola hasil tendangan Morata juga masih bisa diselamatkan oleh Lorenzo Montipo dengan gemilang dan menghasilkan sepak pojok. Sepak pojok Juventus yang diambil Federico Chiesa mengarah ke kepala Matthijs de Ligt. Bek yang didatangkan dari Belanda ini melepaskan sundulan yang tepat ke arah penjaga gawang.

Juventus terus meningkatkan intensitas guna memburu keunggulan sebelum jeda pertama. Hampir saja Juventus mendapatkan penalti pada menit 36 andai pengadil lapangan merestui. Pada menit 39, Cristiano Ronaldo sempat mencetak gol namun dianulir oleh wasit.

Sang pengadil lapangan menganulir gol Ronaldo karena pergerakannya terperangkan offside terlebih dahulu. Alhasil skor imbang kaca mata menghiasi akhir jeda pertama ini. Babak kedua dimulai, Juventus mengambil alih permainan dengan upaya serangannya yang bertumpu pada pergerakan pemain sayap. Para pemain sayap Juventus sejauh ini belum bisa melayani lini serang yang diempati Ronaldo bersama Morata.

Upaya serangan yang dilakukan Juventus justru dikejutkan dengan gol Benevento di menit 69 melalui Adolfo Gaich. Gaich menciptakan keunggulan bagi Benevento dengan memanfaatkan blunder fatal yang dilakukan Arthur. Arthur berniat melepaskan umpan diagonal ke bek Juventus namun bisa dipatahkan oleh Gaich yang mengontrol bola sebentar.

Setelah mengontrol bola, pemain asal Argentina tersebut langsung menceploskan ke gawang Juventus. Juventus telah melakukan segala upaya untuk mencari gol penyama kedudukan selama menit sisa. Namun peluang Ronaldo serta pemain Juventus lainnya gagal dikonversikan gol dan harus puas dengan kekalahan di kandang.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *