Buntut Penyerangan 2 Warga Indonesia, Kemenlu Minta WNI di Amerika Serikat Waspada

Kementerian Luar Negeri telah mengeluarkan imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Amerika Serikat untuk waspada. Imbauan ini dikeluarkan sebagai buntut dari penyerangan yang dialami dua WNI di Philadelphia, Amerika Serikat, pada Minggu (21/3/2021). "Semua perwakilan RI di Amerika Serikat sudah dan secara terus menerus keluarkan imbauan kepada seluruh WNI di Amerika Serikat untuk waspada dan hati hati," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui keterangan tertulis, Sabtu (27/3/2021).

Retno meminta para WNI untuk segera melaporkan kepada perwakilan RI di Amerika Serikat atau aparat keamanan setempat jika mengalami insiden serupa. "Serta segera laporkan ke aparat keamanan atau hotline perwakilan RI jika alami insiden," tutur Retno. Sejauh ini, perwakilan Republik Indonesia juga sudah berkomunikasi dengan komunitas warga Indonesia di Amerika Serikat demi mencegah terjadinya penyerangan serupa.

"Perwakilan RI juga terus lakukan komunikasi dengan simpul simpul masyarakat dan mahasiswa Indonesia di AS," tutur Retno. Seperti diketahui, sentimen anti Asia meningkat di Amerika Serikat. Kini kasus rasisme menimpa dua orang warga negara Indonesia (WNI) di Philadelphia. Keduanya mengalami perundungan oleh sekelompok remaja saat menunggu kereta SEPTA di Stasiun City Hall.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *