Bagaimana Cara Meningkatkan Produksi ASI Berkualitas?

Bayi mendapat makanan, nutrisi, termasuk vitamin dan mineral dari ASI. Untuk itu, ibu harus memperhatikan kandungan gizi makanan yang ibu makan setiap hari agar ASI berkualitas yang dikeluarkan banyak sehingga bayi mendapat nutrisi yang cukup untuk perkembangan dan pertumbuhannya. 

Cara Agar Produksi ASI Banyak dan Berkualitas

1. Porsi makan yang lebih banyak

Ketika tubuh Anda memproduksi ASI, Anda membutuhkan lebih banyak kalori dari makanan. Pada semester pertama, ibu membutuhkan tambahan energi 330 kkal sedangkan pada semester kedua, bayi membutuhkan tambahan energi 400 kkal lebih dari kebutuhan energi harian wanita dewasa (kebutuhan harian wanita dewasa usia 19-29 tahun adalah 2250 kkal).

2. Minum lebih banyak air putih

Anda membutuhkan air yang cukup untuk memproduksi ASI. Jadi Anda perlu berhati-hati dengan asupan air Anda untuk bisa menghasilkan ASI berkualitas dan banyak. Jumlah air yang dibutuhkan dapat dihitung berdasarkan setiap kalori yang dikonsumsi. 

Misalnya, jika jumlah kalori per hari yang dibutuhkan adalah 2000 kkal, maka jumlah cairan yang dibutuhkan adalah 2000-3000 per hari. Ingatlah bahwa Anda harus meningkatkan asupan kalori sebesar 330-400 kkal saat menyusui, sehingga kebutuhan cairan Anda juga akan meningkat. 

3. Menyusui lebih sering

Saat produksi ASI menurun, menyusui tidak boleh dihentikan dan harus tetap dilanjutkan karena gerakan menyusu bayi dapat merangsang aktivasi hormon yang merangsang produksi ASI. 

Faktor Produksi ASI

1. Faktor emosional

Kecemasan, stres, dan kelelahan semuanya dapat menyebabkan penurunan produksi ASI. Ciptakan suasana tenang dan nyaman selama menyusui

2. Faktor medis

Adanya kondisi seperti hipertensi selama kehamilan, diabetes, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS) dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI.

3. Obat-obatan yang dikonsumsi

Obat-obatan yang Anda konsumsi, seperti obat flu (pseudoefedrin) dan pil KB hormonal, dapat menurunkan jumlah produksi ASI.

Lactamil Inisis akan membantu produksi ASI berkualitas yang diformulasikan khusus dengan ACTIDuobio+ untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mama dan si kecil mulai sejak persiapan kehamilan hingga menyusui. Terdiri dari nutrisi ganda makro dan mikro, asam folat, DHA & Omega 6, dan berbagai vitamin dan mineral. 

Deskripsi : ASI berkualitas bisa ditingkatkan dengan melakukan beberapa hal dan menghindari faktor penyebab penurunan produksi ASI. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.