5 Tips agar Online Learning Bekerja secara Efektif

Selama pandemi, pemerintah memutuskan aktivitas belajar dilakukan di rumah dan menerapkan sistem online learning. Pembelajaran secara online ini memang sulit untuk dianggap efektif apalagi jika dibandingkan pembelajaran tatap muka. Namun, ada beberapa tips agar aktivitas belajar atau kuliah dari rumah ini tetap bisa berjalan efektif.

Belajar Online Efektif

Sulit memang belajar tanpa bertatap muka dengan pengajar. Namun, bagaimanapun juga kita harus bisa beradaptasi dengan situasi baru seperti sekarang. Berikut adalah 5 tips yang bisa dilakukan supaya pembelajaran online berjalan efektif:

1.     Siapkan Ruang Khusus

Langkah pertama adalah sediakan ruang khusus untuk belajar. Belajar online bisa efektif hasilnya apabila ada ruang belajar yang mendukung. Sediakan ruang khusus dan atur dekorasinya senyaman mungkin. Tata ruangan dan lengkapi dengan kebutuhan belajar agar merasa lebih bersemangat.

2.     Pastikan Koneksi Stabil

Kelancaran online learning sangat dipengaruhi oleh koneksi internet. Sebelum memulai sesi belajar online, periksa dulu ketersediaan koneksi. Pastikan bahwa koneksi internet stabil sehingga bisa digunakan untuk browsing secara lancar.

3.     Singkirkan Distraksi

Penting sekali untuk menyingkirkan semua bentuk distraksi yang berpotensi mengganggu jalannya pembelajaran. Banyak jenis distraksi yang mungkin muncul mulai dari handphone, televisi, makanan yang berlebihan, dan lain sebagainya. Jangan memasukkan benda-benda yang memicu gangguan konsentrasi di dalam ruang belajar.

4.     Buat Jadwal Rutin

Salah satu kunci sukses menjalani pembelajaran online adalah manajemen waktu. Atur waktu belajar sebaik mungkin dengan membuat jadwal rutin. Agar tak terlewat satu pun materi di kelas yang disampaikan secara online, maka tulislah jadwal dan tempel di tempat yang terlihat.

5.     Tetap Andalkan Buku Catatan

Meskipun teknologi semakin canggih namun bukan berarti harus selalu bergantung pada gadget. Agar aktivitas pembelajaran online ini bisa berjalan efektif, maka siapkan buku catat. Mencatat materi yang diberikan akan jauh lebih efektif bagi diri sendiri untuk mengingat dan memahami materi tersebut.

 

Itulah 5 tips yang bisa membuat aktivitas pembelajaran daring atau kuliah online berjalan efektif. Persiapkan diri sebaik mungkin setiap kali akan mengikuti kelas. Pastikan lingkungan kondusif dan mendukung diri sendiri untuk berkonsentrasi.

Sumber:

https://sertifikasiku.com/tips-belajar-online-yang-efektif-dan-efisien-di-masa-pandemi/

https://www.detik.com/edu/edutainment/d-5481727/8-tips-belajar-online-di-rumah-agar-tetap-efektif-dan-menyenangkan

https://news.schoolmedia.id/artikel/5-Tips-Belajar-Online-Supaya-Lebih-Efektif-Saat-Pandemi-324

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *