5 Keuntungan Transaksi dengan Metode QRIS

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, ada banyak hal yang mulai berubah. Salah satunya adalah metode transaksi yang digunakan oleh masyarakat. Tak lagi memakai uang tunai, kini cara transaksi semakin beragam. Salah satunya dengan metode QRIS. Apa itu QRIS? Mari simak pengertian QRIS di artikel ini serta apa saja keuntungan transaksi dengan metode tersebut.

Keuntungan QRIS

QRIS itu sendiri merupakan kependekan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Ini merupakan standar kode QR nasional yang nantinya akan digunakan untuk transaksi digital lewat aplikasi e-wallet maupun mobile banking. Berikut adalah 5 keuntungan yang diperoleh jika Anda melakukan transaksi dengan metode QRIS ini:

1. Transaksi Lebih Cepat

Keuntungan yang pertama adalah transaksi bisa berlangsung lebih cepat. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, tentu dibutuhkan metode transaksi yang cepat dan efektif. QRIS akan membantu Anda menyelesaikan transaksi tanpa perlu menunggu lama. Tak perlu juga repot mencari fasilitas ATM untuk mendapatkan uang tunai.

 

Transaksi dilakukan dengan scan QR code lewat aplikasi yang mendukung. Kemudian kasir akan memasukkan nominal pembayaran dan menyelesaikan proses transaksi. Lewat metode ini kasir juga tak harus mencari uang kembalian. Jadi benar-benar sangat efisien dari segi waktu.

2. Lebih Aman

Transaksi menggunakan metode QRIS ini dinilai jauh lebih aman. Peredaran uang palsu bisa diantisipasi dengan transaksi memakai QRIS. Pembayaran akan langsung dilakukan secara digital jadi tidak ada kesempatan untuk menipu atau mengambil keuntungan dari aktivitas transaksi tersebut. Sangat terjamin aman bagi masyarakat yang hidup di era digital seperti sekarang.

3. Banyak Penawaran Promo

Saat mencoba untuk memahami apa itu QRIS, mungkin Anda akan menganggap bahwa ini merupakan metode pembayaran digital yang lebih praktis. Ternyata dari segi finansial, metode transaksi ini juga lebih menguntungkan. Anda bisa mendapatkan banyak penawaran promo ketika membayar menggunakan metode QRIS.

 

Saat ini ada banyak penawaran promo berupa cashback maupun diskon bagi konsumen yang membayar lewat QRIS. Anda hanya perlu mencari merchant yang tepat dan memang bekerja sama dalam penawaran promo tersebut. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi konsumen karena bisa lebih hemat berbelanja.

4. Mempermudah Analisis Cash Flow

Bagi pelaku usaha yang menerapkan sistem pembayaran QRIS, tentu akan jauh lebih mudah dalam melakukan analisis cash flow. Semua jenis transaksi akan tercatat secara digital. Semua catatannya bisa diakses secara lengkap dan mudah kapan saja dibutuhkan.

 

Setiap ada uang masuk dan keluar pasti akan ada laporannya. Hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan analisis cash flow bisnis. Penting untuk diketahui bahwa analisis cash flow ini sangatlah bermanfaat dalam pengembangan bisnis. Dengan adanya catatan cash flow yang rinci maka bisa dilakukan evaluasi berkala dan dihitung laba maupun rugi perusahaan.

5. Banyak Pilihan Aplikasinya

Metode pembayaran QRIS ini bisa dilakukan melalui berbagai jenis pilihan aplikasi. Anda bisa menggunakan banyak tipe aplikasi e-wallet untuk menyelesaikan transaksi QRIS. Mulai dari OVO, DANA, Gopay, dan masih banyak lagi. Jadi bisa disesuaikan saja dengan aplikasi yang Anda gunakan dan aplikasi yang dinilai paling menguntungkan.

 

Kini Anda sudah mengetahui apa itu QRIS dan apa saja keuntungan menggunakan metode tersebut. QRIS adalah solusi praktis untuk menyelesaikan berbagai jenis transaksi di era digital ini. Akan jauh lebih aman dan nyaman jika Anda mulai membiasakan diri untuk bertransaksi dengan metode QRIS tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.