4 Jenis Makanan MPASI 6 Bulan Pertama untuk Bayi

Tak bisa dipungkiri setiap ibu muda yang baru mempunyai anak akan menantikan masa di mana buah hatinya mulai bisa mengonsumsi makanan lain selain Air Susu Ibu (ASI) atau yang lebih dikenal dengan makanan pendukung ASI (MPASI). Nah, buat Anda yang masih bingung saat ingin memberikan MPASI 6 bulan pertama untuk bayi, simak ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

Waktu yang Tepat untuk Memberikan MPASI pada Anak

Saat sudah memberikan MPASI, Anda akan menjalani fase trial-error. Hingga akhirnya Anda menemukan satu jenis makanan yang disukai dan aman untuk dikonsumsi si kecil, tentunya juga bergizi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Meski begitu, Anda juga harus mengetahui waktu terbaik untuk memberikan MPASI kepada anak. Adapun ciri anak yang sudah siap untuk mendapatkan makanan pendukung tambahan untuk menunjang pertumbuhannya sebagai berikut:

  1. Anak sudah mampu untuk duduk tegak dengan sendiri tanpa adanya bantuan dari orang tua.
  2. Anak sering membuka mulutnya, saat Anda akan memberikan makanan.
  3. Anak menunjukkan ekspresi atau ketertarikan saat melihat orang lain sedang makan.
  4. Saat sudah kenyang, si kecil akan pergi atau bersandar untuk menunjukkan bahwa dia enggan untuk makan lagi.
  5. Si kecil sering memasukkan benda yang dipegangnya ke dalam mulut.

Jenis Makanan yang Disarankan untuk MPASI Pertama

Setelah anak Anda sudah siap untuk diberikan makanan lain untuk mendukung tumbuh kembangnya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang disarankan untuk diberikan kepada si kecil saat baru pertama kali diberikan MPASI.

  1. Sayuran yang sudah ditumbuk, seperti wortel, kentang, brokoli, labu dan ubi.
  2. Buah yang ditumbuk, seperti pisang, apel, alpukat, dan pepaya.
  3. Sereal bayi yang tidak mengandung gluten dan kaya akan kandungan zat besi. Sereal ini nantinya bisa dicampurkan dengan ASI.
  4. Biskuit yang dihaluskan atau bubur susu.

Satu hal yang perlu Anda garis bawahi adalah tidak menambahkan, garam, gula, madu maupun pemanis lainnya. selain itu, selalu berikan sayuran untuk menu MPASI harian si kecil. Jika anak Anda sudah terbiasa dengan keempat jenis makanan di atas, Anda bisa memvariasikan makanan pendukung baru, seperti daging tumbuk, kacang-kacangan yang ditumbuk, dan juga yogurt atau krim susu.

Demikianlah jenis-jenis makanan MPASI 6 bulan pertama untuk bayi. Perlu diingat, MPASI ini hanya digunakan untuk mendukung ASI. Dengan begitu sangat tidak disarankan untuk mengganti ASI dengan susu sapi maupun susu formula saat si kecil masih berusia 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.